Demi keluarga seorang Dewi rela mengorbankan apa saja

Saturday 11 April 2015

Jeritan wanita



HARI ini sesosok wanita tua mengetuk pintu kaca toko. “Assalamu’alaikum Nona… ingin Beli kue saya? … Belum laris satupun… Bila saya telah ada yang laris saya tidak berani ketuk kaca toko, non…”

Saya persilakan beliau masuk serta duduk. Satu gelas air serta sebagian butir kurma saya hidangkan untuk beliau.

“Ibu bawa kue apa? ”
“Gemblong, getuk, bintul, didik, Non. ”
Saya tersenyum… “Saya kelak beli kue ibu… Namun ibu duduk dahulu, minum dahulu, istirahat dahulu, muka ibu telah pucat. ”

Dia mengangguk. “Kepala saya sakit, Non.. Pusing, namun mesti mencari duit. Anak saya sakit, suami saya yang kerja buruh serabutan juga tengah sakit, dirumah hari ini beras telah tidak ada sekalipun. Maka dari itu saya paksain jualan, ” tuturnya sembari memegang keningnya. Air matanya mulai jatuh.

Saya terasa terharu, lantas memberikannya sehelai tisu…
“Sekarang makan semakin sulit, non…. Tempo hari saja beras tidak kebeli… Terlebih sekarang… sejak bensin naik.. Apa-apa serba naik.. Saya hanya dapat buat bubur… Bila masak nasi tidak cukup. Hari ini jualan tidak laris, nawarin orang tuturnya tidak jajan dahulu. Apa apa pada mahal, tuturnya duit belanjanya pada tidak cukup…”

“Anak ibu sakit apa? ” Saya ajukan pertanyaan.
“Gak tau, non… Batuknya berdarah…”
Saya terpana. “Ibu, Ibu mesti bawa anak Ibu ke puskesmas. Kan ada BPJS…”
Dia hanya tertunduk. “Saya bawa anak saya gunakan apa, non? Gendong tidak kuat.. . Jalannya jauh… Naik ojek tidak mempunyai duit. ditambah biaya ojek saat ini jadi lebih mahal…”

“Ini Ibu kue buat sendiri? ”
“Enggak, non… Ini saya ngambil. saya hanya ngejualin. bila saya buat dengan beli beberapa bahan sendiri, saya tak mempunyai cukup modal non. ” jawabnya.
“Terus ibu pendapatannya dari sini saja? ”Dia mengangguk lemah…
“Berapa Ibu dapet sehari-hari? ”
“Gak pasti, non… Ini kue untungnya 100-300 perak, dapat dapet Rp4 ribu -12 ribu paling banyak. ”

Kesempatan ini air mata saya yang mulai mengalir. “Ibu umum pulang jam berapakah bila jualan? ”

“Jam 2.. . Saya tidak dapat lama lama, non.. Soalnya uangnya buat beli beras… Suami sama anak saya belum makan. Saya tidak ingin minta-minta, saya tidak ingin nyusahin orang. ”
“Ibu, kue-kue ini tolong ibu bagi-bagi di jalan, ini beli beras buat 1 bln., ini buat 10x bulak-balik naik ojek bawa anak Ibu berobat, ini buat modal ibu jualan sendiri. Ibu saat ini pulang saja ya… Bawa kurma ini buat pengganjal lapar…”
Ibu itu menangis… Dia geser dari kursi ke lantai, dia bersujud sukur, lantas mendadak dia kembalikan duit saya. “Kalau non ingin beli.. Beli lah kue saya. Namun selebihnya tidak non… Saya malu…. ”

Saya pegang erat tangannya… “Ibu, tetep terimalah ini… Ini bukanlah buat ibu… Namun buat ibu saya… Saya lakukan bakti ini untuk ibu saya di alam sana, supaya dia di alam sana terasa tak percuma membesarkan serta mendidik saya… sekali lagi Tolong di terima ya bu…”
Saya bawa keranjang jualannya. Waktu itu Saya memegang lengannya serta saya mengerti ibu ini nyatanya demam tinggi. “Ibu pulang ya…”

Dia hanya bercucuran airmata lantas memeluk saya. “non.. Saya tidak ingin kesini lagi… Saya malu…. non tidak suka kue jualan saya… non hanya kasihan sama saya… Saya malu non…”
Saya hanya dapat tersenyum. “Ibu, saya suka kue jualan Ibu kok, namun saya saat ini lagi kenyang… Sesaat diluar pasti banyak yang lapar serta belum pasti mempunyai makanan. Saat ini Ibu pulang yaa…”

Saya bimbing beliau menyeberang jalan, lantas saya naikkan angkot… Beliau selalu berurai air mata…

By marsya melia..cerita inspirasi

0 komentar:

Post a Comment

© Suara Hati Sang Dewi, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena